Disusun
Oleh :
Sulis
Khasanah (15.11.0081)
Kelas
: 5.A2
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
KADIRI
KEDIRI
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya
penulis masih diberi kesempatan untuk bisa menyelesaikan makalah ini. dimana makalah ini
merupakan salah satu dari tugas mata kuliah yaitu ETIKA
PROFESI.
Tidak lupa Penulis mengucapkan
terimakasih kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan
dukungan dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan
makalah ini masih banyak kekurangan.
Oleh sebab itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan
selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin...
Demikianlah yang dapat penulis paparkan dalam makalah ini jika ada kata yang kurang mohon di maafkan
sekian dan terima kasih.
Kediri,11 Desember 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................................... 2
DAFTAR ISI......................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang............................................................................. 4
B. Tujuan............................................................................................ 5
C. Rumusan Masalah...................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN
A.
Penjelasan tentang Etika
Profesi di Bidang IT..................... 6
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan..................................................................................... 12
B. Saran................................................................................................ 12
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 13
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
1. Pengertian Etika Profesi.
a.
Pengertian Etika :
-
Menurut Drs. O.P. Simorangkir : etika / etik sebagai pandangan manusia
dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
-
Etika berasal dari bahasa yunani kuno yaitu ‘ethikos’ yang artinya timbul
dari kebiasaan, yang jika diartikan dalam lingkup lebih luas lagi yaitu cabang
utama filsafat yang mempelajari nilai/kualitas yang menjadi studi mengenai
standard an penilaian moral.
-
Sehingga dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan pengertian
etika. Yaitu etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah,
baik , buruk dan tanggung jawab.
b.
Pengertian Profesi.
-
Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk
menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.
-
Ciri – ciri profesi :
a.
Adanya pengetahuan khusus.
b.
Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi.
c.
Mengabdi pada kepentingan masayarakat.
d.
Ada izin khusus untuk bisa menjalankan suatu profesi.
e.
Kaum professional biasanya menjadi anggota dari suatu oraganisasi profesi.
2. Pengertian Teknologi Informasi.
Dikenal dengan
istilah Information Technology dalam bahasa inggris yang artinya teknologi yang
mampu membantu manusia dalam memuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan
atau menyebarkan informasi.
B. Tujuan
1.
Untuk menjelaskan etika profesi di bidang IT.
C. Rumusan Masalah.
1.
Pengertian Etika Profesi?
2.
Pengertian Teknologi Informasi?
3.
Apa saja Standart profesi IT di Indonesia?
4.
Apa saja jenis – jenis profesi di bidang IT?
5.
Bagaimana kode etik profesi di bidang IT?
6.
Apa saja contoh – contoh pelanggaran kode etik di bidang IT?
PEMBAHASAN
A. Penjelasan tentang Etika Profesi di Bidang IT
1.
Pengertian Etika Profesi
a.
Pengertian Etika :
-
Menurut Drs. O.P. Simorangkir : etika / etik sebagai pandangan manusia
dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
-
Etika berasal dari bahasa yunani kuno yaitu ‘ethikos’ yang artinya timbul
dari kebiasaan, yang jika diartikan dalam lingkup lebih luas lagi yaitu cabang
utama filsafat yang mempelajari nilai/kualitas yang menjadi studi mengenai
standard an penilaian moral.
-
Sehingga dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan pengertian
etika. Yaitu etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah,
baik , buruk dan tanggung jawab.
b.
Pengertian Profesi.
-
Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk
menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian.
-
Ciri – ciri profesi :
a.
Adanya pengetahuan khusus.
b.
Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi.
c.
Mengabdi pada kepentingan masayarakat.
d.
Ada izin khusus untuk bisa menjalankan suatu profesi.
e.
Kaum professional biasanya menjadi anggota dari suatu oraganisasi profesi.
c.
Pengertian Etika Profesi
Dari beberapa
pengertian yang sudah dipaparkan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa
pengertian etika profesi adalah suatu aturan yang membatasi seseorang dalam
memenuhi kebutuhan hidup sesuai dengan profesi.
2.
Pengertian Teknologi Informasi
Dikenal dengan istilah Information Technology dalam bahasa inggris yang
artinya
teknologi yang mampu membantu manusia dalam memuat, mengubah,
menyimpan,
mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi.
3.
Standart profesi IT di Indonesia.
Standardisasi profesi IT yang diperlukan Indonesia adalah standar yang lengkap,
dimana semua kemampuan profesi IT di bidangnya harus dikuasai tanpa kecuali. bagi
tenaga kerja IT sertifikasi sangat dibutuhkan karena sertifikasi ini merupakan pengakuan
akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi, gaji), perencanaan karir
profesional development, meningkatkan international marketablity. sertifikasi ini memiliki
tujuan untuk membentuk tenaga praktisi IT yang berkualitas tinggi, membentuk standar
kerja IT yang tinggi, pengembangan profesional yang berkesinambungan.
4.
Jenis – jenis profesi di bidang
IT
a.
Programmer : pembuat aplikasi client/server untuk perusahaan, instansi
maupun perorangan. Seorang mempunyai tugas yaitu membuat aplikasi atau system
operasi menggunakan bahasa pemrogaman yang sudah ada. Seorang programmer harus
memiliki kualifikasi sebagai berikut :
-
Menguasia logika dan algoritma pemrograman.
-
Menguasai bahasa pemrogaman.
-
Memahami SQL.
-
Memahami bahasa inggris dalam IT.
b.
IT Support : seseorang yang bisa mengatasi masalah umum yang terjadi pada
computer seperti masalah instalasi software. Tugas seorang IT Support adalah
install software, memperbaiki hardware dan membuat jaringan. Sedangkan untuk
kualifikasi seorang IT Support adalah menguasai bagian – bagian hardware
computer, mengetahui cara install program atau aplikasi software, dan menguasai
sejumlah aplikasi umum system operasi computer.
c.
Software Engineer : orang yang memiliki keahlian untuk memproduksiperangkat
lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem
setelah digunakan. Tugas seorang software engineer adalah merancang dan
menerapkan metode terbaik dalam pengembangan proyek software. Kualifikasi yang
harus dimiliki seorang software engineer yaitu menguasai keahlian sebagai
programmer dan system analist serta menguasai metode pengembangansoftware.
d.
Database Administrator : orang yang ahli dalam mendesain, mengimplementasi,
memelihara dan memperbaiki database. Tugasnya adalah mengelola keamanan
database, analisa di database, dan menginstal perangkat lunak baru. Kualifikasi
seorang database administrator adalah harus menguasai teknologi database dan
teknologi server maupun storage.
e. Network Engineer adalah orang yang bekerja dalam
bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada
troubleshooting-nya. Tugasnya membuat jaringan untuk perusahaan/ instansi,
mengatur email, anti spam dan virus protection, melakukan pengaturan user
account, izin dan kata sandi, serta mengawasi penggunaan jaringan. Untuk
kualifikasinya adalah menguasai server, workstation, hub/switch.
f. System Analist : orang yang ahli dalam menganalisa
system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada,
kelebihan maupun kekurangan, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan
dikembangkan. Tugasnya mengembangkan software dalam tahapan requirement,
design, dan construction. Kualifikasi seorang network engineer : menguasai
keahlian sebagai programmer, mengasai metode dan praktik pemrograman yang
terbaik serta memahami arsitektur aplikasi dan teknologi terkini.
5.
Kode etik profesi di bidang IT
Kode etik merupakan peraturan /
pedoman dalam sebuah pekerjaan untuk menjaga profesionalisme suatu pekerjaan.
Beberapa kode etik dalam IT, diantaranya :
a.
Kode etik pengguna internet :
-
Tidak mempublikasi informasi yang isinya menyindir orang lain/kelompok.
-
Tidak mempublikasi informasi yang berkaitan dengan pornografi.
-
Tidak mempublikasi informasi yang isinya perintah untuk melakukan perbuatan
melawan hukum.
-
Tidak menampilkan segala bentuk eksploitasi pada anak – anak di bawah umur.
-
Tidak meggunakan / mempublikasikan / bertukar informasi mengenai kegiatan
hacking dan sejenisnya.
-
Menghormati etika yang berlaku di masayarakat internet umum.
b.
Kode etik programmer :
-
Tidak boleh menjiplak/membajak program programmer lain tanpa seizing dari
programmer tersebut.
-
Tidak boleh membuat malware.
-
Tidak boleh menyebarkan informasi perusahaan.
-
Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
-
Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari pihak yang didanai oleh pihak
kedua tanpa izin.
c.
Kode etik seorang professional IT : tidak dapat membuat program yang asal –
asalan, harus membuat program yang dapat menjamin keamanannya.
6.
Contoh – contoh pelanggaran kode
etik di bidang IT
a.
Kejahatan computer.
Adalah
kejahatan yang ditimbulkan karena penggunaan computer secara illegal. Seperti melumpuhkan
layanan sebuah system computer, penyebaran, spam, carding, dll.
b.
Netiket.
Netiket merupakan sebuah
etika acuan dalam berkomunikasi menggunakan internet.
c.
E – commerce.
Perdagangan
/ bisnis melalui internet, dengan adanya e-commerce kegiatan transksi
perdagangan menjadi lebih cepat dan efisien.
d.
Pelanggaran Haki.
Pelanggaran
haki contohnya pembajakan program, penjualan program illegal, dan pengunduhan
secara illegal.
Tujuan
kode etik di bidang IT :
-
Untuk menjujung tinggi martabat profesi.
-
Untuk meningkatkan mutu profesi.
-
Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
-
Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan anggota.
-
Meningkatkan layanan diatas keuntungan pribadi.
-
Mempunyai organisasi professional yang kuat dan terjalin erat.
Penyebab
pelanggaran kode etik pada bidang IT :
-
Tidak berjalannya kontrol dan pengawasan dari masyarakat.
-
Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai substansi kode etik profesi.
-
masih lemahnya penegakan hukum di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi, kode etik dibutuhkan sebagai
pedoman/ acuan bagi para penguna IT agar tidak terjadi pelanggaran atau paling
tidak bisa meminimalkan tindak pelangaran kode etik di bidang IT.
B. Saran
Apabila dalam penyusunan makalah
ini terdapat suatu kekurangan, maka saya sebagai penyusun menerima dengan
besar hati apabila ada kritik, dan saran dari pembaca guna kesempurnaan dari
makalah-makalah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar